Nama : Rosdiana
NPM : 17215690
Manajemen Pemasaran Global (Tugas 4 : Komunikasi Pemasaran Global)
Seiring berkembangnya zaman bisnis yang dijalankan saat ini pun tidak
hanya berupa took-toko fisik yang secara riil ada tempatnya melainkan ada pula
bisnis yang tidak perlu ada tempat bisnisnya tersebut yaitu bisnis online. Bersamaan
dengan perkembangan bisnis zaman dan bisnis tersebut saat ini marketing telah
berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi
lebih luas dengan adanya internet. Adapun marketing yang menggunakan
elektronik dan internet dalam melakukan kegiatannya yang disebut dengan
e-marketing. Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu
komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni
strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang
dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan
digital lain.
Pemasaran
internet adalah suatu bentuk upaya untuk melakukan pemasaran baik produk barang
maupun jasa dengan menggunakan media elektronik atau internet. Adapun dalam e-marketing
hal yang paling sering dihubungkan adalah pembuatan produk periklanan,
pencarian prospek ataupun pembeli, dan penulisa kalimat yang bertujuan untuk
penjualan produk barang atau jasa. Yang harus diperhatikan dalam strategi marketing
e-marketing adalah website perusahaan, sehingga website perusahaan harus
diformat dalam desain yang tepat dan
menarik dan berbeda agar mampu membuat calon konsumen terkesan.
Ada beberapa
manfaat dalam melakukan e-marketing ini seperti dapat dijangkaunya berbagai
lapisan konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi atau disentuh oleh
pesaing, memungkinkan transaksi bisnis dilakukan secara elektronik sehingga
biaya yang timbul relative rendah seperti misalnya e-mail dapat dikirimkan ke
konsumen dalam hitungan detik, penjualan bersifat langsung ari produsen ke
konsumen, dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat, dan masih
banyak lagi manfaatnya. Maka dari itu e-marketing ini merupakan komunikasi
pemasaran global yang sedang gencar dilakukan oleh pebisnis-pebisnis maupun
perusahaan-perusahaan di dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar